PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI KOMPETENSI MENGAJAR GURU MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Najirah Umar Universitas Handayani Makassar Author
  • Dr.Abdul Latief Arda Universitas Handayani Author
  • Syamsu Alam Universitas Handayani Makassar Author
  • Guntur Universtais Handayani Makassar Author
  • Tamrin Meda Universitas Handayani Makassar Author
  • Matalangi Universitas Handayani Makassar Author
  • Adi Sadli Univesitas Handayani Makassar Author

Keywords:

Methods, Interests, Learning, Interactive, Multimedia

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan antusiasme siswa untuk belajar dan membantu guru menjelaskan materi pelajaran. Yang terjadi saat pembelajaran guru, bagaimanapun  menggunakan video pembelajaran yang tersedia di YouTube, tetapi kontennya tidak sesuai dengan materi pelajaran, sehingga siswa kesulitan memahaminya. Selain itu, guru tidak memiliki kemampuan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang berbasis teknologi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran dengan Classpoint. Ini memungkinkan guru untuk membuat media mereka sendiri yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. Kegiatan ini dapat dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jeneponto pada 22 September dengan metode ceramah, demonstrasi, dan pendampingan peserta. Dari 30 guru yang telah mengikuti pelatihan, seratus persen menyatakan bahwa itu sangat bermanfaat. Mereka juga menyatakan bahwa mereka akan menggunakan hasil pelatihan dalam pembelajaran kelas mereka dan ingin mendapatkan pendampingan berkelanjutan untuk mengembangkan media pembelajaran di kelas. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI KOMPETENSI MENGAJAR GURU MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA. (2024). DikeMasy, 1(1), 1-7. https://jurnal.handayani.ac.id/index.php/dikemasy/article/view/3